Temuan Awal Tahap Rintisan KIAT Guru

Rintisan (2016-2017)

Selama satu tahun pelaksanaan rintisan di 203 SD penerima Program Rintisan KIAT Guru, ditemukan beberapa perubahan awal terkait kehadiran dan kualitas layanan guru beserta hasil belajar murid:

Tingkat Kehadiran Guru

Berdasarkan penilaian bulanan oleh masyarakat (dari skor 100), nilai kehadiran guru meningkat dari 68% sebelum KIAT Guru dimulai menjadi 92.8% pada bulan Desember 2017.  

Tingkat kehadiran guru

Catatan: Data di atas belum mencakup hasil penilaian dari semua 203 SD KIAT Guru. Pengumpulan data penilaian masih berjalan hingga Maret 2018 (TNP2K, Februari 2018).

Tingkat Kualitas Layanan Guru

Berdasarkan penilaian bulanan oleh masyarakat (dari skor 100), nilai kualitas layanan guru meningkat dari 55% sebelum KIAT Guru dimulai menjadi 93.5% pada bulan Desember 2017.  

Tingkat kualitas layanan guru

Catatan: Data di atas belum mencakup hasil penilaian dari semua 203 SD KIAT Guru. Pengumpulan data penilaian masih berjalan hingga Maret 2018 (TNP2K, Februari 2018).

Hasil Belajar Murid

Berdasarkan penilaian tim survei awal (baseline) pada akhir 2016 sampai awal 2017, dan penilaian Tes Cepat oleh perwakilan masyarakat (Kader Desa dan Kelompok Pengguna Layanan) pada pertengahan 2017, ditemukan adanya peningkatan pada kemampuan dasar murid dalam Bahasa Indonesia dan Matematika. Jumlah murid yang memiliki kemampuan dasar Bahasa Indonesia sesuai dengan kelas mereka meningkat dari 1% menjadi 40%, sedangkan untuk Matematika dari 4% menjadi 42%.

Hasil tes

Pada bulan Maret-April 2018, sedang dilakukan survei akhir (endline) untuk melihat perkembangan lebih lanjut terkait perubahan terhadap kehadiran guru, kualitas layanan pendidikan, dan hasil belajar murid.

 

✭ ✯ ✰ ✱ ✲ ✳ ❃ ❂ ❁