Program

Program Mechanism

Mekanisme Rintisan

Berdasarkan temuan lapangan dan diskusi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, muncul beberapa pendekatan yang diharapkan dapat meningkatkan keberadaan dan kualitas layanan pendidikan dengan meningkatkan motivasi, kinerja, dukungan, dan pengawasan bagi guru di daerah terpencil.

 

  1. Memberdayakan masyarakat untuk memberikan dukungan pelaksanaan dan penilaian bagi layanan pendidikan. Program Rintisan KIAT Guru terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu tahap awal, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Pada tahap awal, pihak sekolah dan masyarakat membuat kesepakatan layanan, memprioritaskan indikator layanan pendidikan, dan membentuk Kelompok Pengguna Layanan (KPL). Pada tahap implementasi, KPL melakukan pengawasan dan memberikan dukungan bagi pihak sekolah untuk melaksanakan kesepakatan layanan, memverifikasi kehadiran guru di sekolah, dan menilai kualitas layanan guru. Pada tahap evaluasi, pihak sekolah dan masyarakat bersama-sama mereviu kesesuaian dari kesepakatan layanan, indikator layanan pendidikan, dan keanggotaan KPL. Selain memberdayakan KPL, Program Rintisan KIAT Guru mengidentifikasi dan menguatkan kapasitas Kader Desa untuk memfasilitasi pertemuan antara pihak sekolah dan masyarakat.

 

 

  1. Mengaitkan pembayaran tunjangan guru dengan kehadiran atau kualitas layanan guru. Kehadiran guru dibuktikan secara akurat dengan KIAT Kamera berbasis Android dan diverifikasi oleh masyarakat. Selanjutnya, kualitas layanan guru dinilai oleh masyarakat berdasarkan indikator kesepakatan layanan. Transparansi dan mekanisme pembayaran tunjangan pun diperbaiki agar tepat kriteria, tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu.

 

 

 

Model Rintisan dan Evaluasi KIAT Guru

Rintisan KIAT Guru bertujuan untuk meningkatkan tingkat kehadiran guru, kualitas layanan pendidikan, dan hasil belajar murid. Rintisan KIAT Guru membagi sekolah dasar ke dalam empat model pendekatan yang diamati, yaitu:

 

 

Perbandingan antara tingkat kehadiran guru dan hasil belajar murid pada tahap awal, tengah, dan akhir kegiatan rintisan diharapkan dapat mengidentifikasi jenis model pendekatan yang paling efektif dalam meningkatkan motivasi dan kinerja layanan guru, juga capaian pendidikan di daerah terpencil.

 

✭ ✯ ✰ ✱ ✲ ✳ ❃ ❂ ❁