Interactive Dialogue: Vulnerable Groups of Persons with Disabilities in Climate Change

15 May 2024


Wapres

TNP2K, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bekerja sama dengan Friedrich Ebert Stiftung menyelenggarakan dialog interaktif dengan tema "Kelompok Rentan Penyandang Disabilitas dalam Perubahan Iklim." Acara ini diadakan di Aula Heritage Kemenko PMK pada Kamis (14/12/2023) di Jakarta.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK, Nunung Nuryartono, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa perubahan iklim memiliki dampak serius terhadap penyandang disabilitas.

"Perubahan iklim mempunyai dampak buruk terhadap penyandang disabilitas, mengancam hak asasi mereka atas hidup, air, pangan, kesehatan, perumahan, aksesibilitas, mobilitas pribadi, pendidikan, pekerjaan, partisipasi dalam kehidupan budaya, hidup mandiri, dan kebebasan bergerak," ujar Nunung.

Hari Kurniawan, Komisioner Pengaduan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (KOMNAS HAM RI), menyoroti pentingnya melibatkan penyandang disabilitas sejak perencanaan. Dia menyatakan bahwa penyandang disabilitas seharusnya tidak hanya dilibatkan dalam simulasi atau implementasi, tapi juga sejak perencanaan. Hari juga menekankan bahwa pendataan disabilitas di Indonesia masih belum sesuai dengan kenyataan di lapangan, dan perlu dilakukan perbaikan untuk mendapatkan data yang lebih akurat.

Selain itu, kesadaran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga menjadi sorotan. Mereka mengakui bahwa belum sepenuhnya menyadari pentingnya keterlibatan penyandang disabilitas di berbagai tahap, dan berkomitmen untuk lebih banyak melibatkan mereka mulai dari perencanaan hingga implementasi kebijakan terutama yang terkait dengan perubahan iklim.

Acara ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat kesadaran, partisipasi, dan komitmen bersama dalam melibatkan penyandang disabilitas dalam upaya menghadapi perubahan iklim di Indonesia.

Untuk mengunduh materi paparan pada kegiatan ini, silakan klik link berikut https://bit.ly/materinarasumberHDI